Visit Bandung

04 November 2014

BANDUNG SMART CITY

        Kota Bandung tidak hanya sebagai kota wisata ataupun kota kuliner lagi.Kini Kota Bandung menjelma menjadi kota metropolitan yang  menjadi tujuan para investor untuk mengembangkan atau memulai bisnis dari kota ini.Letaknya kota yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota Jakarta, menjadi alasanya.

         Mungkin diantara pembaca , masih ada yang belum mengetahui Bandung akan menjadi Smart City.Dari namanya saja Smart City, yang berarti Kota Pintar.Saat ini Kota Bandung sedang dibangun menjadi Smart City di Indonesia bahkan di dunia.


           
         
                

            Konsep ini mulai muncul  saat masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Bandung 2013-2018 ,yaitu saat masa Ridwan Kamil-Oded (RIDO).Beberapa kajian dan pembangunan mulai dibandun untuk mewujudkan BANDUNG SMART  CITY.Sebab untuk menjadi Smart City memerlukan persiapan yang matang dan fasilitas yang memadai dan mendukung.
                                     
           Untuk mewujudkan impian tersebut,Kota Bandung menjalin kerjasama dengan beberapa negara dan perusahaan.Mulai kerjasama  ekonomi sampai teknologi.Fasilitas yang sudah terlihat adalah area Free WIFI  di setiap taman dan Fasilitas publik seperti terminal,stasiun,dan bandara.Bahkan nantinya setiap RW ataupun RT akan memiliki area Free WIFI.Hal ini pun direspon baik oleh masyarakat.

                                   


 Hasilnya cukup berhasil.Dengan adanya are wifi gratis,masyarakat banyak pergi taman ,tidak hanya untuk nongkrong ,bersantai,ataupun berkumpul,tapi sekarang taman telah menjadi tujuan masyarakat untuk menggunakan fasilitas wifi gratis ini. Fasilitas WIFI gratis ini merupakan kerjas sama antara Pemkot Bandung dan Telkom Indonesia.Maka jangan heran jika anda saat ke Bandung banyak masyarakat dari anak muda sampai Orang tua berkumpul di taman.
             
          Bahkan di saat saya pergi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bandung,saya iseng-iseng untuk mencari koneksi Wifi.Dan ternyata memang ada koneksi wifi gratis di pusat perbelanjaan itu,dengan nama wifi BANDUNG JUARA,kemudian saya cek kecepatannya,lumayan cepat daripada wifi provider lain.
             
         Tidak hanya itu Pemkot Bandung baru-baru ini meluncurkan Bus Sekolah gratis bagi para belajar .Rencananya tahun depan  (2015) setiap bus sekolah akan dilengkapi dengan WIFI gratis agar para pelajar tidak bosan saat perjalanan ke sekolah.
                   


 Bahkan Walikota Bandung Ridwan Kamil mengharuskan setiap Staff sampai anggota DPRD dan instansi pemerintahan lainnya mempunyai Twitter ataupun media social lainnya.Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menganggap media sosial sangat berperan besar untuk kemajuan  kota dan sebagai sarana masyarakat menyampaikan aspirasinya.Hasilnya cukup mengejutkan, dengan adanya media sosial terutama Twitter membuat masyarakat lebih aktif dalam menyampaikan keluhannya.
             
           Bahkan tak jarang setelah keluhan masuk ke akun twitter suatu instansi,seperti akun twitter Satpol PP Kota Bandung yang  langsung turun atau datang ke lapangan untuk mengatasi keluhan masyarakat yaitu menertibkan PKL yang mengganggu lalu lintas.Warga Bandung pun merespon baik dengan adanya akun twitter berbagai dinas diKota Bandung,karena dapat mempermudah menyampaikan keluhan tanpa harus bertatap muka langsung dengan petugas di kantor .
             
          Rencana baru-baru ini yaitu Pemkot Bandung akan membangun gedung yang berfungsi sebagai pusat informasi keluhan masyarakat,jadi semua keluhan masyarakat yang masuk melalui twitter atau media sosial lainnya masuk langsung diterima di gedung ini dengan peralatan yang canggih dengan menggunakan gadget ataupun komputer.Gedung ini nantinya akan berskala internasional seperti yang sudah diterapkan di Brazil.
           
          Pemerintah juga berencana semua wilayah di Kota Bandung terkoneksi wifi dan berencana memindahkan pusat pemerintahan Kota Bandung ke Bandung arah timur yaitu ke Gede Bage.Pemindahan pusat pemerintahan ini karena sudah di wilayah pusat kota sudah terlalu padat dengan pusat perkantoran yang membuat lalu lintas macet dan karena jauhnya antar dinas dengan dinas lainnya sehingga sulit berkordinasi jika ada sesuatu penting.Karena selama ini  beberapa kantor dinas letaknya berpencar seperti Dinas Perhubungan ada Leuwi Panjang dan Dinas Sosial ada di Cipedes Jalan Surya Sumantri.
             
         Sebenarnya rencana ini sudah lama direncanakan saat beberapa tahun lalu,namun karena masih ada masalah pembebasan lahan dan biaya ,rencana ini agak sedikit terhambat.  Alasan lain memindahkan pusat pemerintahan yaitu untuk memajukan perekononian di wilayah timur Kota Bandung yang selama ini terpusat di pusat Kota Bandung.Nantinya wilayah Gede Bage akan menjadi wilayah Bandung Teknopolis.Yaitu nantinya di wilayah ini akan menggunakan berbagai macam teknologi .

           
         Jadi nantinya di Bandung Timur terutama Gede Bage merupakan pusat pemerintahan ,pusat perekonomian Bandung Timur , dan semua dinas maupun instansi pemerintahan akan berada di sini semua.Selain itu juga saat ini juga di Bandung Timur mulai banyak apartemen dan beberapa hotel.
           
         Di wilayah Bandung Timur juga akan sebagai pintu masuk ke Kota Bandung selain dari Pasteur.Di wilayah ini juga ada Sarana Olah Raga berstandar internasional yaitu SOR Gede Bage diantaranya stadion sepak bola “Gelora Bandung Lautan Api” yang berada dalam komplek SOR Gede Bage yang akan digunakan untuk ajang Olah Raga rutin Indonesia yang akan diselenggarakan di Jawa Barat yaitu PON 2016.
             
        Terminal peti kemas juga ada di Gede Bage.Mayoritas penduduk Kota Bandung juga tinggal wilayah timur seperti di Arcamanik,Soekarno-Hatta,cibiru,dan Gede Bage.Bahkan menurut kabar yang beredar yang belum tentu kebenarannya,nantinya Wahana Permainan Disney akan di bangun di Bandung Timur (mudah-mudahan kabarnya benar adanya). Jadi nantinya semua fasilitas public akan saling terkoneksi.
             
        Saya sendiri juga sangat setuju jika pembangunan Kota Bandung diarahkan ke arah timur.Karena menurut saya saat ini di pusat kota sudah sangat jenuh dan sangat padat ,sehingga membuat perekonomian tidak seimbang dan pertumbuhan perekonomian hanya di pusat Kota Bandung,sedangkan wilayah timur Bandung masih cukup tertinggal dan kurang seimbang,yang sebenarnya wilayah timur Kota Bandung memiliki potensi sangat besar untuk meningkatkan perekonomian di Bandung Timur.
           
        Mudah-mudahan rencana ini dapat terwujud  dan semua pihak terkait mendukung terutama masyarakat yang sangat berperan besar demi terwujudnya rencana ini. Karena tanpa dukungan masyarakat rencana ini sulit terwujud.Jadi mari kita ikut mewujudkan dan mendukung rencana ini, karena pada akhirnya kita juga yang akan menggunakan dan menikmatinya.

BANDUNG JUARA !!!

          
           

           
         


            
          




           
Share:

0 komentar:

Posting Komentar